Loading...

Bulan Bakti Karantina 2016 - Melindungi Negeri, Mengawal Kedaulatan Pangan

10:28 WIB | Friday, 10-June-2016 | Non Komoditi, Karantina | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Sebagai garda terdepan, Badan Karantina Pertanian mempunyai peran penting dalam melindungi Negara Indonesia. Bahkan juga menjadi pengawal dalam kedaulatan pangan.

 

Sebab, keluar-masuknya produk pertanian dari Indonesia menjadi salah satu tanggungjawab Badan Karantina Pertanian, terutama dalam masalah keamanan terhadap penyakit dari luar negeri. Apalagi kini bangsa Indonesia sudah memasuki era pasar bebas Asean yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

 

Karena itu sangat siginifikan ‘Melindungi Negeri dan Mengawal Kedaulatan Pangan’ menjadi tema besar Bulan Bakti Karantina Pertanian ke-139 yang berlangsung 8 Juni-8 Juli 2016. Upacara pembukaan kegiatan memperingati Bulan Bakti Karantina Pertanian ke -139 dipimpin langsung oleh Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Banun Harpini di Balai Uji Terap Teknik Metode Karantina Pertanian, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/6).

 

Banun mengatakan, institusi Badan Karantina Pertanian dewasa ini kerap menjadi perbincangan di masyarakat terkait dengan kebijakan nasional yang semakin terbuka dalam bidang kerjasama ekonomi dan perdagangan. Sebagian masyarakat menginginkan peran Karantina Pertanian benar-benar optimal dalam menjaga masuknya produk pertanian dari luar negeri, sehingga produk tersebut benar-benar aman, baik dari sisi kesehatan produk pertanian itu sendiri dan aman bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162