Loading...

Fruit Indonesia 2016, Berlibur sambil Mengenal Buah Nusantara

11:49 WIB | Friday, 18-November-2016 | Tips & Santai, Non Komoditi | Penulis : Kontributor

Masih mencari tempat untuk menghabiskan waktu akhir pekan? Datang saja ke Fruit Indonesia 2016. Festival Buah Nusantara yang berlangsung di Parkir Timur Senayan, Jakarta memperkenalkan berbagai jenis buah dari seluruh pelosok Tanah Air.

 

Kurang lebih ada sekitar 35 jenis buah yang ditampilkan. Sebut saja alpukat, Mangga, Nanas, Rambutan, Durian, Pepaya, Manggis, Belimbing, Pisang, Salak, Lengkeng, Jambu Biji, Jambu, Sawo, Kedondong, Markisa, Nangka, Pisang Ambon Lumut, Jeruk Keprok, Srikaya, Jeruk Besar.

 

Ada juga jenis Semangka, Duku, Mangga Gedong, Jeruk Nipis, Buah Naga, Melon, Mangga Podang, Pisang Tanduk, Jambu Biji Kristal, Bengkoang, Jambu Air Hijau dan Sirsak.

 

Jika berkesempatan datang, pengunjung bisa menikmati beragam buah eksotis Indonesia sudah sulit ditemukan. Seperti Kecapi, Sawo Kecik, Buni, Jambu Bol, Sawo Duren, Lobi-Lobi, Jamblang, Binjai, Cermai, Gandaria, Jambu Mawar, Bisbul, Delima, Blewah, Jeruk Purut, Markisa, Salak Merah, Cempedak, Terung Belanda, Durian Lay, Markisa Ungu, Matoa, Kesemek, Kepel, Pisang Merah, Carica, Sukun, Rukem, Langsat, Manggis Merah, Namnam, Alkesah, Mengkudu dan Durian Merah.

 

Salah satu pengunjung Fruit Indonesia 2016, Tuti mengakui senang bisa mengenal aneka ragam buah yang sebenarnya ada di Indonesia. "Apalagi saya bisa mencicipi buah-buahan yang unik. Malah saya enggak tahu kalau buah itu ada di Indonesia," tuturnya.

 

Tuti menambahkan dirinya sangat tertarik bisa menanam aneka buah di pekarangan rumahnya. "Saya sampai beli bibit dalam pot. Mudah-mudahan bisa berbuah dengan baik,” katanya.

 

Peluang Bisnis

 

Selain menikmati beragam buah nusantara, Fruit Nusantara 2016 juga memberikan berbagai peluang bisnis bagi pengunjung. Berbagai program bertaraf nasional dan internasional akan digelar dalam festival ini. Seperti Fruit Arrangement Contest, Fruitpreneur Got Talent, Sales Exhibition, Various Competition, Exhibition, Business Matchmaking, Conference/Forum dan Export Business Coaching.

 

Juga ditampilkan benih dan bibit buah, pupuk, pestisida dan hormon, buah olahan, industri kesehatan berbahan baku buah. Selain itu, industri pariwisata berbasis kebun buah nusantara meliputi peralatan pertanian, mesin pertanian, media pertanian, outlet buah dan lembaga keuangan.

 

Salah satu eksportir buah dari Belanda, Fons H.J.M Arents menuturkan, pameran buah ini sangat menarik baginya karena bisa melihat aneka jenis buah-buahan yang bermutu baik dari Indonesia. Apalagi semua tersebar merata di seluruh provinsi.

 

“Saya baru pertama kali ke Indonesia dan mendengar ada pameran buah nusantara. Saya mau cari manggis dan rambutan untuk musim ini. Tapi kita juga akan cari buah naga, jambu biji, dan durian,” tuturnya.

 

Fons menuturkan, sudah melihat buah eksotis dari Malaysia, Vietnam, Thailand dan Indonesia. Kesemua buah andalan dari negara tersebut akan diekspor perusahaannya ke kawasan Eropa dan Asia Tengah.

 

Dirinya pun mengaku tertarik menanamkan modal dan mereplikas teknologi budidaya dan pasca panen dari negara Thailand untuk petani di Indonesia. “Kita tahu kalau Thailand sangat ekspert dalam menghasilkan dan ekspor buah dan sayur. Kita melihat Indonesia punya potensi seperti itu, asalkan kita dampingi teknologi dan permodalannya,” tutur Fons. Gsh

 

 

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162