Loading...

HKTI Dorong Kementan Bentuk BLU Pembiayaan Pertanian

09:27 WIB | Tuesday, 29-November-2016 | Nasional | Penulis : Ahmad Soim

 

 

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mendorong  Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendirikan Badan Layanan Umum (BLU) Pembiayaan Pertanian sebagaimana yang sudah dilakukan di Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP).

 

 

 

 

 

Wakil Ketua Umum HKTI Herman Choeron mengatakan Kementan bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan KKP membuat BLU Pembiayaan untuk membantu petani mendapatkan kredit permodalan. “BLU Pembiayaan untuk perikanan dan kelautan di KKP sudah berjalan, pemerintah menyiapkan dana dari APBN,” katanya dalam Rapat Pengurus Harian DPN HKTI di Jakarta (28/11).

 

Sekretaris Jenderal HKTI Sadar Subagyo menambahkan HKTI berharap para petani bisa memperoleh permodalan bagi usaha taninya dengan bunga rendah atau bahkan nol persen. “Bila BLU Pembiayaan Pertanian Kementan jalan, HKTI akan kita membuat lembaga serupa,” tambahnya kepada Sinar Tani.

 

Ahli pembiayaan pertanian yang juga pengurus HKTI Dr. Endang S Tohari mengatakan konsep BLU pembiayaan pertanian mestinya sama atau mirip dengan pengelolaan jalan tol di Indonesia. “Penanggung jawab BLU Pembiayaan Pertanian adalah Kementerian Pertanian, pelaksananya adalah bank,” tambahnya.

 

Menurut Endang S Tohari yang pernah menjabat sebagai Direktur Pembiayaan Pertanian di Kementan melalui BLU Pembiayaan Pertanian ini dana APBN bisa digunakan untuk mendorong perbankan memberikan kredit kepada petani dengan bunga yang rendah bahkan nol persen.

 

“Kita harapkan BLU Pembiayaan Pertanian ini bisa menjadi Bank Pertanian di masa mendatang,” tuturnya. Som

 

Editor : Ahmad Soim

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162