Loading...

Melirik Budidaya Kurma di Indonesia

13:37 WIB | Wednesday, 12-April-2017 | Tips & Santai, Non Komoditi | Penulis : Kontributor

Dirjen Hortikultura, Spudnik Sudjono (tiga dari kanan) saat “1st Indonesia Date Palm Summit”

Kurma selama ini lebih dikenal sebagai tanaman padang pasir. Karena itu tanaman tersebut banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah. Namun dengan perkembangan teknologi benih, buah kurma ternyata bisa tumbuh di Indonesia.

 

Bahkan di Tanah Air kini ada organisasi yang menjadi wadah pemerhati kurma untuk mengembangkan budidaya tanaman padang pasir tersebut yakni Indonesian Date Palm Association (IDPA). IDPA berdiri 2 tahun lalu dan kini memiliki anggota lebih dari 5 ribu yang tersebar hampir di seluruh Indonesia.

 

“IDPA juga memiliki koordinator daerah (korda) pada setiap provinsi,” kata Ketua IDPA,  Alwi Rahmatullah. IDPA selain memberikan pembelajaran tentang budidaya kurma yang benar, juga bekerjasama dengan berbagai pihak mendukung dan mempercepat perkembangan kurma di Indonesia.

 

Misalnya, kerjasama dengan Date Palm Development (DPD) Inggris untuk penyediaan bibit kurma kultur jaringan yang berkualitas. IDPA kata Alwi, juga siap membantu pengembangan kurma skala kebun atau perkebunan dan pengembangan agrowisata kurma.

 

Alwi mengatakan, pihaknya akan mendukung tersedianya bibit unggul kurma,  teknologi drainase dan pemupukan dan dukungan tenaga ahli. Bahkan juga membantu kesiapan pasar yang akan dibangun secara bertahap melalui web Commerce IDPA serta teknologi-teknologi olahan buah segar kurma.

 

“Semua tanaman kurma nantinya akan ditanami chip pada setiap kultur jaringan yang beredar, sehingga terpantau penyebaran dan perkembangannya,” katanya.

 

Di bidang teknolog penanaman seperti sistem drainase dan pemupukan bekerjasama dengan pupuk Pintar BiOnet, yang sudah diujicobakan pada beberapa pohon kurma yang sebelumnya tidak berbuah, kini sudah berbuah. “Kami pun bersama IDPA mencanangkan gerakan Ayo Menanam Kurma,” kata Agung Widjanarka sebagai CEO Pupuk Pintar BiOnet.

 

Sementara itu Dirjen Hortikultura, Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono  saat “1st Indonesia Date Palm Summit” menghimbau agar IDPA dapat menjembatani perkembangan kurma di Indonesia, bahkan bisa swasembada kurma. Indri/Yul

 

 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162