Loading...

Mobil Uji Tanah dan Pupuk Keliling Gratis dari Petro

15:13 WIB | Saturday, 23-July-2016 | Klinik Teknologi | Penulis : Ahmad Soim

Ada yang tidak biasa. Sebuah mobil bertuliskan “Mobil Pelayanan Uji Tanah Gratis”.  Mobil itu bukan milik pemerintah melainkan punya sebuah perusahaan pupuk yang bermarkas di Gresik Jawa Timur.

 

Semuanya ada 4 unit monil. “Salah satunya mobil ini yang ada di Lombok,” kata Azis Satria Putra SP Analis Mobil Uji Tanah kepada Sinar Tani di Lombok.

 

Menurutnya, perusahaannya tidak membatasi jumlah layanan kepada para petani. “Sebanyak-banyak selama kita mampu,” tambah Azis.

 

Perusahaannya memberikan jadwal keliling untuk mengajak Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) ke lapangan. Bila ada petani yang ingin tanahnya diuji akan kita layani secara gratis.

 

Selain layanan uji tanah gratis, juga memberikan layanan pengukuran pH tanah, kandungan NPK dan C organic, juga salinitas tanah.

 

“Kita juga bawa perangkat uji pupuk NPK. Kalau palsu akan ketahuan,” jelas Azis.

 

Bila ada petani yang meminta tanahnya diuji, maka terlebih dahulu para petani diajarkan   bagaimana melakukan uji tanah. “Lalu kita tunujukkan hasilnya, begini hasilnya dan ini rekomendasi pemupukan berimbangnya.”

 

Rupanya banyak petani di Lombok yang masih mempupuk tanaman padinya melebih dosis, ada yang sampai 6 kuintal urea per ha. Padahal untuk padi biasanya 150 kg urea per ha.

 

Karena keterbatasan jam kerja, dalam sehari Aziz bisa melayani uji tanah pada tiga tempat dengan tiga kali pertemuan. Satu kali pertemuan, biasanya hadir 20 petani. Som

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162