Loading...

Usaha Budidaya Lawi-Lawi Prospektif

10:05 WIB | Monday, 12-June-2017 | Nusantara | Penulis : Indarto

Indonesia memiliki ratusan jenis rumput laut yang bisa dibudidayakan di masyarakat. Salah satu varietas baru rumput laut yang bernilai ekonomi tinggi dan prospeknya baik sebagai komoditi ekspor adalah lawi-lawi.

 

Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Slamet Soebyakto, di Jakarta belum lama ini mengemukakan, varian baru rumput laut jenis Caulerpa sp atau lebih dikenal dengan nama lokal “lawi-lawi” merupakan hasil perekayasaan dari Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar Sulawesi Selatan.

 

Sebagian masyarakat Lombok menyebut jenis rumput laut ini “latoh”, sedangkan sebagian lainnya menyebutnya dengan istilah “anggur laut” karena bentuk fisiknya yang memang mirip dengan buah anggur.

 

“Lawi-lawi bisa menjadi alternatif untuk menopang pendapatan masyarakat petambak karena komoditi ini cukup tinggi permintaannya baik di pasar domestik maupun pasar ekspor,” jelas Slamet.

 

Pengembangan lawi-lawi yang berhasil menembus pasar ekspor, menurut Dirjen Perikanan Budidaya, menjadi harapan baru bagi Indonesia untuk terus mengeksplorasi sumberdaya rumput laut nasional.

 

“Jika jenis rumput laut ini dikembangkan pembudidaya, maka harapan Indonesia menjadi kiblat rumput laut dunia dapat terwujud,” ujarnya.

 

Salah satu pembudidaya rumput laut lawi-lawi, Ratte Daeng Bella mengatakan, pada awalnya masyarakat di daerahnya hanya membudidayakan jenis rumput laut Gracillaria di tambak. Namun, sejak diperkenalkan oleh BPBAP Takalar, maka kini banyak yang beralih ke usaha budidaya lawi-lawi.

 

Permintaan Meningkat

 

Budidaya rumput laut “lawi-lawi” berimplikasi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat. “Dengan harga jual basah berkisar Rp 150.000 – Rp 250.000/karung, paling tidak omzet penjualan saya sebesar Rp 15 juta per bulan untuk lahan tambak seluas 3.200 m2,” kata Ratte.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162