Loading...

Membuat Petani Lebih Berdaya

09:15 WIB | Wednesday, 14-December-2016 | Agri Wacana, Kolom | Penulis : Kontributor

Fakta bahwa sektor pertanian semakin ditinggalkan kalangan muda memang tidak bisa dipungkiri. Meskipun pekerjaan di kota tidak mudah didapat namun ‘semangat’ para pemuda untuk berburu pekerjaan di kota tidak pernah surut dan sektor pertanian di pedesaan semakin ditinggalkan kalangan muda.

 

Untuk dapat menarik kembali minat kalangan muda salah satu solusinya adalah melepas ketergantungan para petani pada aktifitas ‘on farm’ dan mengalihkan pada berbagai kegiatan ‘off farm’.

 

Dalam konsep ini para petani didorong untuk lebih berdaya dengan memberi nilai tambah aktivitas usaha taninya, baik itu melalui pengolahan produk pertanian maupun melalui berbagai pengembangan usaha berbasis pertanian. Langkah ini akan membuat petani mampu menjadi pelaku usaha yang lebih kuat, terutama ketika berhadapan dengan pasar.

 

Gagasan ini sebenarnya bukan hal baru. Sudah lama banyak pihak menyarankan agar keterbatasan petani diselesaikan dengan memberi mereka peluang ‘keluar’ dari basis aktivitas usaha taninya. Berbagai proyek dan program sudah dilakukan, namun memang belum sepenuhnya membuahkan hasil.

 

Banyak kegiatan justru membuat petani terjebak pada keterpurukan, misalnya pemberian kredit modal usaha tanpa disertai dengan pemberian ketrampilan usaha dan pendampingan. Maksudnya membuat petani memiliki usaha di luar aktivitas usaha tani, tetapi akhirnya justru menjerumuskan petani pada jeratan hutang.

 

Oleh karena itu, upaya memberi peluang petani untuk masuk wilayah ‘off farm’ akan lebih baik bila disertai dengan pendampingan dan pembinaan yang berkelanjutan. Pilihan model usaha yang diberikan sebaiknya juga tidak terlalu jauh dengan basis  komoditas pertanian yang mereka kelola.

 

Dan yang lebih penting, semua usaha itu dilakukan dalam sebuah wadah berbentuk kelompok agar lebih mudah memantau, mendampingi, dan efisien dalam praktek pelaksanaannya. Dalam prakteknya, bukan hanya lembaga pemerintah saja yang terlibat, namun bisa juga melibatkan pihak swasta dan perguruan tinggi.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162