Loading...

Mewujudkan Swasembada Gula

10:06 WIB | Tuesday, 08-November-2016 | Agri Wacana, Kolom | Penulis : Kontributor

Seorang petani tebu yang telah berpuluh tahun menggeluti budidaya tebu meyakini bahwa negeri ini sebenarnya bisa dengan mudah mencapai swasembada gula. Potensi lahan tanam tebu yang sangat luas, semangat petani untuk mengelola tanaman tebu yang terus ‘membara’, dan teknologi budidaya yang memadai menjadi jaminan untuk mewujudkan swasembada itu.

 

Namun disayangkan, jalan untuk mewujudkan harapan swasembada itu ternyata berliku, berbelit dan sering ‘menyakitkan’ terutama bagi petani tebu. Target yang pernah dicanangkan pemerintah untuk mewujudkan swasembada gula juga seolah hanya mimpi.

 

Menurutnya dari aspek budidaya sebenarnya negeri ini pantas berswasembada gula sejak beberapa tahun lalu. Saat ini produktivitas tanaman tebu petani rata-rata sudah bisa mencapai 100 ton/ha di lahan kering. Produktivitas ini bisa mencapai 140 ton/ha di lahan berpengairan teknis dengan pasokan air yang selalu tersedia.

 

Petani juga sudah biasa memproduksi tebu dengan rendemen 10 persen bahkan lebih. Artinya, kalau luas lahan tanam tebu sebanyak 450.000 hektar dengan produktivitas rata-rata 100 ton/ha dan rendemen 10 persen maka  bisa diproduksi gula sebanyak 4,5 juta ton. Jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gula nasional.

 

Yang menjadi persoalan adalah keterbatasan infrastruktur pengairan untuk mengoptimalkan produksi tebu petani. Kalau saja pemerintah bisa membantu memperbaiki saluran irigasi atau memberi dukungan pembuatan sarana pemasok air untuk lahan tebu maka produksi tebu akan semakin meningkat dan luas lahan tanam tebu juga akan bertambah.

 

Bila saluran irigasi teknis memberatkan pemerintah, pembangunan sumur-sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air di saat kemarau bisa menjadi pilihan yang lebih murah. Perlu diingat, pasokan air terutama di saat pemupukan merupakan hal penting untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162